by

5 Cara Mudah dan Akurat Menghitung Berat Badan Ideal

Tidak hanya menggunakan timbangan, terdapat 5 metode lain yang dipakai untuk menghitung berat badan ideal. Bagi Anda, metode apa yang umum digunakan untuk menghitung bobot tubuh? Selain timbangan, ada 5 cara menghitung bobot tubuh proporsional yang bisa Anda ikuti. Berikut pembahasannya.

  1. Kalkulator BMI

Ini adalah metode yang diketahui paling umum dan paling sederhana untuk menghitung bobot tubuh proporsional. Ya, indeks massa tubuh (BMI) atau indeks massa tubuh (BMI) adalah metode membagi berat badan (kg) dengan tinggi (cm) kuadrat. Rumusnya adalah sebagai berikut:

BMI = berat (dalam kg): [ tinggi (dalam cm)^2 ]

  1. Menghitung dengan Rumus Broca

Rumus untuk menghitung bobot tubuh ini pertama kali dibuat pada tahun 1871 oleh Dr. Pierre Paul Broca. Satu abad kemudian, tepatnya tahun 1970-an, BJ Devine mempopulerkannya. Formula bobot tubuh Broca berbeda untuk pria dan wanita. Berikut rumus perhitungan bobot tubuh Broca khusus wanita: [(Tinggi-100) – (15% x (tinggi-100)]. Sedangkan ini adalah rumus Broca khusus pria: [(Berat-100) – (10% x (tinggi-100)]

  1. Menghitung Bobot Tubuh Proporsional untuk Anak-anak dari 0-12 Bulan

Tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga harus memperhatikan bobot tubuhnya. Untuk menjaga pria kecil Anda dari kekurangan atau kelebihan bobot tubuh, harap hitung bobot tubuhnya sebanyak mungkin. Rumus yang digunakan adalah (Usia anak saat ini (dalam bulan): 2) + 4.

  1. Anak-anak Berusia 1-10

Anda juga dapat melakukan perhitungan bobot tubuh anak usia 1-10. Rumus yang dipakai adalah (2n) + 8. Di mana n adalah usia anak (dalam tahun).

  1. Bobot Tubuh Untuk Ibu Hamil

Tahukah Anda, bobot tubuh ibu hamil juga harus dipantau. Untuk mengetahui apakah pertambahan bobot tubuh akibat kehamilan sebanding dengan tuberkulosis dan bobot tubuh sebelum hamil, serta usia kehamilan dan bobot tubuh normal janin.

berat badan ideal + (usia minggu x 0,35).

Banyak mengidamkan berat badan ideal dan bentuk tubuh yang proporsional. Tubuh dengan bobot proporsional tidak hanya enak dipandang, tapi juga bisa mencegah berbagai penyakit berbahaya.

News Feed