by

6 Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan Tubuh yang Perlu Anda Ketahui

Bersepeda merupakan salah satu kegiatan menyenangkan, terlebih jika dilakukan bersama teman. Dengan bersepeda, kamu juga telah menjaga kesehatan tubuh, karena bersepeda merupakan kegiatan fisik atau olahraga. Ada banyak  bagi tubuh, mulai dari melindungi tubuh dari berbagai penyakit serius seperti diabetes, kanker, obesitas, penyakit jantung hingga penyakit jiwa, serta menghilangkan stress atau rasa jenuh.

6 Manfaat Bersepeda untuk Menyehatkan Tubuh

Di negara barat sendiri, bersepeda merupakan kegiatan yang sangat digemari. Hal tersebut dapat dilihat dari masyarakatnya yang memilih bekerja atau bersekolah dengan bersepeda. Bagi Anda yang ingin bersepeda, berikut ini merupakan manfaat bersepeda bagi tubuh, di antaranya yaitu:

  1. Menstabilkan Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang memiliki risiko berbahaya, bahkan mematikan. dewasa ini, penyakit diabetes bukan hanya menyerang orang tua, melainkan anak muda zaman sekarang. Terlebih jika Anda tidak melakukan pola hidup sehat.

Jika Anda memiliki penyakit diabetes, Anda harus mengobatinya sebelum terjadi komplikasi yang lebih parah. Cara alami dan paling mudah dilakukan untuk menstabilkan diabetes yaitu dengan bersepeda selama 30 menit setiap hari.

  1. Mengendalikan Berat Badan

Bagi Anda yang memiliki badan besar atau gemuk, Anda bisa mengendalikan berat badan dengan bersepeda. Manfaat bersepeda untuk diet ini bisa dilakukan oleh siapa saja, baik perempuan maupun laki-laki. Karena dengan bersepeda, maka metabolisme tubuh akan meningkat, serta dapat membakar lemak dan membangun otot. Bersepeda juga dapat mengeluarkan energi besar yang dapat membakar kalori.

Jika Anda berniat untuk menurunkan berat badan, Anda juga perlu menjaga pola makan. Adapun banyaknya kalori yang dibakar saat bersepeda ditentukan dari seberapa lama, jauh dan seberapa cepat Anda bersepeda. Terdapat studi yang menyatakan jika bersepeda selama setengah jam setiap hari dapat membakar lemak sebanyak 5 kg lebih.

  1. Meningkatkan Kekuatan Otak

Manfaat bersepeda bagi wanita maupun laki-laki yaitu untuk meningkatkan kekuatan otak. Pasalnya dengan bersepeda setiap hari otak akan lebih sehat serta mengurangi perubahan kognitif yang menyebabkan demensia di kemudian hari. Berdasarkan studi tahun 2013, menyatakan jika selama latihan bersepeda, aliran darah di otak meningkat 28% sampai 70% di area tertentu. Setidaknya, Anda ada harus bersepeda selama 45-60 menit sebanyak 4 kali seminggu goo

  1. Mengatasi Insomnia

Jika Anda mengalami insomnia, Anda bisa mengatasinya dengan olahraga sepeda. Untuk mendapatkan manfaat bersepeda yang satu ini, Anda harus bersepeda setiap 2 hari sekali selama 20-30 menit, serta tidur lebih cepat. Kamu dapat bersepeda di pagi hari ketika matahari belum terlalu terik, hal tersebut bermanfaat untuk membantu jam biologis kembali normal serta menghilangkan hormon kortisol yang menyebabkan penyakit insomnia.

  1. Mengurangi Stres

Manfaat bersepeda selanjutnya yaitu mengurangi stress. Hal ini dikarenakan ketika bersepeda, tubuh akan memproduksi hormon dopamin yang meningkatkan rasa bahagia serta mengurangi stres atau depresi yang Anda alami. maka tak heran jika bersepeda merupakan kegiatan menyenangkan, terlebih jika dilakukan secara beramai-ramai.

  1. Mengurangi Risiko Kanker

Kanker merupakan penyakit yang berbahaya, untuk mengurangi risiko kanker, Anda dapat bersepeda serta mempertahankan pola makan sehat. Berdasarkan studi dalam journal of American medical association, menyatakan jika seseorang yang sering bersepeda mempunyai tubuh bugar bahkan di usia tua serta mengurangi risiko kanker paru dan kanker kolorektal. Manfaat bersepeda bagi pria dan wanita satu ini menunjukkan bahwa bersepeda secara rutin sangat penting untuk mengurangi risiko kanker.

Itulah 6 manfaat bersepeda bagi kesehatan tubuh yang bisa Anda ketahui. Anda bisa berkunjung ke situs pickybest.id untuk mendapatkan informasi lainnya seputar gaya dan penampilan, kecantikan, gaya hidup dan lainnya.

News Feed