by

Agar Rumah Kontrakan Jakarta Anda Menjadi Lebih Homie

Tinggal di rumah orang mungkin tak senyaman di rumah sendiri, apalagi bagi kita yang selama ini selalu menetap bersama keluarga. Tapi apa daya rejeki datang di tempat orang, jauh dari keluarga dan harus tinggal di rumah kontrakan Jakarta. Suasana berbeda, meski tempat tinggal terlihat bersih dan masih segar.

Bukan berarti Anda tidak bisa menyulap rumah kontrakan agar lebih homie seperti tempat tinggal semasa kecil. Ada banyak cara agar sewa rumah di Jakarta menjadi menyenangkan, dan menjadi tempat yang ideal untuk menenangkan pikiran pasca seharian bekerja. Berikut cara-cara yang bisa Anda tempuh secara perlahan tapi pasti dan bisa mengubah suasana rumah menjadi lebih nyaman:

Beri tanaman

Jakarta sering mendapat kritik karena begitu masyarakat yang kurang peduli lingkungan. Anda jangan jadi salah satu orang yang tidak peduli lingkungan, buktikan bahwa dengan tinggal di Jakarta Anda peduli tentang isu global yang membahayakan keselamatan umat manusia. Hal paling sederhana yang bisa Anda lakukan adalah menanam tanaman di rumah kontrakan, karena dengan menanam tanaman hijau sama saja dengan Anda menyumbangkan oksigen bagi bumi kita.

Tak perlu tanaman berbatang kayu yang besar dan lebat, cukup tanaman kecil seperti aloe vera, tanaman rambat, atau jenis bunga-bunga kecil bisa membuat rumah terasa nyaman. Atau jika nyamuk di rumah kontrakan terasa begitu meresahkan, Anda bisa menanam tanaman zodia yang aromanya bisa mengusir nyamuk.

Menanam tanaman tidak hanya peduli lingkungan dan mengindahkan halaman, Anda juga bisa berkebun hasil bumi untuk menghemat anggaran dapur. Tanaman seperti cabai, terong, tomat, paprika, dan daun bawang sangat mudah dipelihara di halaman. Bibitnya tidak sulit ditemukan di toko tanaman, atau Anda bisa menanamnya dari biji yang dikeringkan atau stek dari batang secara langsung.

Dekor ruang

Tak perlu memanggil designer interior jika Anda tak punya anggaran lebih. Cukup luangkan sedikit waktu Anda untuk mengamati ruang demi ruang yang ada di rumah kontrakan, amati bagian mana yang perlu sentuhan yang berbeda. Misalnya jika di rumah Anda terdapat meja polos, alangkah lebih baik jika diberi sentuhan kecil seperti taplak atau vas bunga. Jika ruang tamu Anda hanya ada sofa dan meja kecil, beri sentuhan yang menghidupkan rumah seperti bingkai foto di dinding atau lukisan yang bisa membuat rumah kontrakan semakin artistik.

Mendekor ruangan bisa Anda lakukan lewat aplikasi smartphone yang kini mulai trending di kalangan pengguna ios dan android. Jadi, Anda tak perlu membeli perabot terlebih dahulu. Gambaran ruang yang Anda inginkan bisa menjadi lebih terencana, dan jika sudah cocok dengan design ruangan tersebut Anda bisa membeli perabotan atau ornamen yang Anda inginkan.

Beri warna pada tembok

Jika ruangan terasa kurang elok, mungkin Anda perlu membeli cat tembok yang berguna untuk memberi energi bagi rumah. Ada beberapa kalangan yang meyakini bahwa elemen warna memberi energi positif bagi penghuninya dan beberapa ilmu juga mempelajari bahwa warna rumah dapat menentukan tindakan atau pemikiran orang terhadap sesuatu. Terlepas dari keyakinan itu, tak ada salahnya mengubah warna cat tembok rumah sewaan dengan warna yang Anda sukai. Selain merepresentasikan diri Anda, ilmu psikologis juga mempelajari tentang pengaruh ilmu terhadap respon positif di dalam pikiran manusia. Misalnya warna cerah seperti kuning mampu merangsang semangat seseorang untuk bersosialisasi, berbahagia, dan keceriaan. Mungkin Anda bisa mengaplikasikannya di ruang tamu sebagai harapan orang yang datang ke rumah ini mampu tersenyum dan Anda bisa berbagi kebahagiaan dengan orang lain. Jika Anda tidak bisa menghirup bau cat tembok karenat terlalu menyengat, Anda bisa menggantinya dengan wallpaper.

Ada berbagai macam warna di dunia ini, Anda bisa memilih warna tembok yang bisa disematkan di masing-masing ruangan agar lebih estetis. Warna bukan hanya bicara tentang keindahan, tapi juga tentang respon mata manusia yang melihatnya.

Sering-sering bersihkan rumah

Ada orang yang begitu bersih dan rapi menata rumah, tapi ada juga orang yang tak punya waktu sehingga huniannya terlihat urakan. Sebenarnya ini bukan hanya perkara keindahan, tetapi lebih kepada energi positif yang dihasilkan. Percaya atau tidak, rumah yang berantakan akan memancarkan respon yang negetif terhadap pikiran. Berbeda halnya jika Anda berada di ruangan yang bersih dan rapi, tentunya pikiran Anda akan merasa lebih positif.

Rumah yang bersih dan rapi mengurangi risiko penyakit kepada penghuni yang tinggal di dalamnya. Anda menjadi terhindar dari penyakit berbahaya seperti demam, sinusitis, atau penyakit pernapasan. Masa pandemi sekarang ini manusia dituntut untuk lebih bersih karena virus COVID-19 bisa berkembang biak pada benda mati. Kebersihan adalah kunci utama untuk mematikan virus yang berbahaya ini, begitu pula dengan jenis-jenis virus lain.

Rumah yang rapi akan memudahkan kita menemukan barang yang sulit ditemukan. Misalnya jika Anda meninggalkan gunting di satu area selama berminggu-minggu otak kita akan menghafal bahwa letak gunting berada di area yang sama. Kita akan menjadi terbiasa menyimpan barang sesuai dengan tempatnya, jadi tidak perlu lagi kesusahan mencari barang yang Anda butuhkan.

Isi rumah dengan perabotan yang berkualitas

Jika ada budget lebih, usahakan beli perabot yang berkualitas baik agar Anda semakin sayang terhadap rumah. Hasil jerih payah Anda terhadap suatu barang akan menjadikan segala elemen di rumah begitu berharga dan merangsang Anda untuk lebih bertanggungjawab akan barang tersebut. Mulailah dari barang kecil seperti pigura, tempat pensil, hiasan miniatur, dan sarung bantal. Upayakan sebisa mungkin agar barang tersebut awet dalam jangka waktu yang lama, sehingga Anda selalu merasa memiliki tanggungjawab akan barang tersebut. Semakin Anda menjaga barang itu, semakin mungkin Anda.

News Feed