by

Aneka Ragam Kuas Make Up dan Manfaatnya

Para wanita yang gemar menggunakan make up tentu saja tidak asing lagi dengan berbagai macam kuas yang berfungsi untuk membantu mengoleskan make up di wajah. Biasanya golongan pemula memang masih bingung bila harus menggunakan berbagai macam kuas untuk make up. Namun hal ini nantinya akan menjadi kebiasaan bagi Anda. Bisa dimaklumi jika wanita mengalami kebingungan dalam menggunakan kuas sebab kuas make up tidak hanya terdiri dari satu jenis saja. Kuas sebagai peralatan make up terdiri dari berbagai macam jenis bahkan mencapai hingga 15 jenis dengan fungsi yang masing-masing berbeda.

Ragam Kuas Make Up

Ada beragam jenis kuas yang memang hadir untuk melengkapi riasan Anda sehingga Anda bisa tampil dengan riasan di wajah secara sempurna. Pada kaliini akan dibahas mengenai jenis dan fungsi dari berbagai jenis kuas untuk mengaplikasikan make up Anda.

  • Kuas Foundation

Sudah tentu kuas ini bisa difungsikan untuk mengoleskan dan meratakan foundation atau alas bedak di wajah Anda. Tidak hanya foundation saja tetapi juga BB cream atau CC cream yang sekarang ini semakin populer dan banyak dijual di pasaran.

  • Kuas Contour

Selanjutnya Anda bisa menggunakan contour brush dan concealer brush untuk mengaplikasikan makeup setelah penggunaan foundation. Kuas contour umumnya diaplikasikan dengan menggunakan kuas yang berukuran cukup besar dan berbentuk asimetris sehingga contouring pada tulang pipi dan rahang bisa terbentuk semakin sempurna. Untuk kuas concealer umumnya berukuran kecil namun panjang. Ujung kuas ini meruncing sehingga bisa digunakan untuk memberi kamuflase pada noda yang terdapat di wajah Anda.

  • Kuas Bedak

Setelah foundation dan contouring serta concealer maka Anda bisa beralih ke penggunaan bedak atau powder. Bedak bisa dioleskan pada wajah cantik Anda dengan menggunakan kuas yang memang secara khusus dirancang untuk meratakan bedak pada wajah. Kuas bedak ini berukuran cukup besar dan ujung bulu kuas cenderung cembung serta menebal. Anda bisa menggunakan bedak dalam bentuk apa saja baik bedak padat maupun bedak tabur sebab kuas bedak memang bisa digunakan untuk meratakan jenis bedak yang mana saja.

  • Kuas Eyeshadow

Selanjutnya Anda bisa beralih pada riasan mata untuk mempertegas mata indah Anda. Ada kuas kecil berbentuk spons yang memiliki fungsi sebagai aplikator dan berguna untuk membubuhkan eyeshadow pada kelopak mata Anda. Eyeshadow yang terdiri dari berbagai macam warna menarik akan tampak semakin mempercantik mata Anda. Tampilan hasil eyeshadow juga tentunya akan tampak sempurna bila Anda membubuhkannya dengan menggunakan spons aplikator. Kuas berbentuk spons ini sebenarnya cukup rentan dibanding dengan kuas lainnya. Itulah sebabnya mengapa Anda harus merawat spon aplikator ini dengan sangat hati-hati. tampak lebih lembut dan natural. Kuas make up untuk membubuhkan eyeshadow ini sudah seharusnya Anda miliki agar riasan mata Anda menjadi tampil sempurna.

  • Kuas Eyeliner

Untuk menambah keindahan mata bisa juga digunakan kuas eyeliner yang berukuran kecil dan panjang. Kuas ini memiliki bentuk asimetris di satu sisi dengan tekstur yang lebih keras. Kuas eyeliner ini dapat digunakan untuk mengaplikasikan eyeliner baik dalam bentuk gel ataupun bubuk. Kuas eyeliner akan membantu Anda dalam membentuk eyeliner dengan efek grafis yang presisi. Selain itu ada pula kuas untuk eyeliner yang berbentuk sangat kecil dan tipis dengan ujung yang lancip. Kuas ini biasa digunakan untuk membuat garis eyeliner yang berukuran lebih kecil dan tipis secara presisi.

  • Kuas Eyebrow

Tersedia pula jenis kuas yang berbeda untuk alis mata. Kuas untuk alis biasanya disebut dengan nama sikat alis. Biasanya sikat alis memiliki dua sisi dengan fungsi yang masing-masing berbeda.

  • Kuas Bulu Mata

Pada salah satu sisi  dari sikat alis ini biasanya berbentuk sisir mini dengan fungsi untuk mempersiapkan bulu mata Anda sebelum diberi maskara. Sisir mini pada sikat alis ini juga bisa digunakan untuk memperbaiki gumpalan maskara yang mungkin terdapat pada bulu mata Anda.

  • Kuas Blush On

Kuas make up yang juga perlu dimiliki demi melengkapi serangkaian alat make up Anda adalah kuas blushon. Kuas blushon tentu tak asing lagi karena blushon termasuk make up yang sering digunakan. Anda bisa memulas blushon di pipi dengan menggunakan kuas blush yang cenderung besar namun memiliki gagang lebih ramping dan panjang bila dibandingkan dengan kuas bedak. Kuas blush biasanya memiliki bulu yang lebih sedikit daripada kuas bedak.

  • Kuas Fan Brush

Untuk pelengkap alat make up blushon tersedia pula fan brush berbentuk seperti kipas dengan bentuk bulu yang pipih dan melebar. Kuas yang berbentuk kipas ini berukuran besar dan biasanya bisa digunakan untuk finishing blend.

  • Kuas Lipstik

Jenis kuas terakhir dalam topik kali ini adalah lip brush atau kuas lipstik. Kuas lipstik pasti sering Anda jumpai dan cirinya sudah tentu Anda kenal. Kuas ini memiliki bentuk tipis dan memiliki bulu sedikit kasar atau keras. Ujung kuas lipstik cenderung lancip sehingga dapat membentuk garis bibir secara presisi. Anda bisa menggunakan kuas lipstik untuk mengaplikasikan seluruh jenis lipstik di bibir Anda baik lipstik jenis palet maupun lipstik pada umumnya.

Manfaat Kuas Make Up

Tentu saja menggunakan beragam kuas akan memberikan manfaat yang berbeda-beda satu dengan yang lain. Sebagai contoh seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Penggunaan kuas untuk foundation dan bedak tentu akan menghasilkan manfaat yang berbeda secara detail. Namun pada dasarnya ada beberapa manfaat kuas make up secara umum, yaitu sebagai berikut.

  • Menggunakan kuas make up akan mempermudah untuk membaurkan kosmetik pada seluruh permukaan wajah. Seperti misalnya pemakaian foundation atau bedak, akan dapat terbaur merata dengan kulit wajah secara alami.
  • Kuas make up juga membantu membaurkan warna-warna make up menjadi lebih alami dan terlihat menarik. Contohnya pada aplikasi eyeshadow serta campuran blush on. Menggunakan kuas akan mempermudah gradasi warna yang terlihat lebih menarik dan lebih alami.
  • Kuas make up akan membantu menjangkau bagian dan sudut-sudut wajah yang susah untuk dijangkau. Misalnya lekukan pada tepi mata atau hidung, maupun sudut pada kelopak mata ataupun garis tulang pipi. Dengan bantuan kuas make up maka dapat mengaplikasikan make up lebih sempurna ke seluruh sudut wajah meskipun terkesan lebih kompleks dan susah.

Dari penjelasan di atas, sudah jelas bahwa memilih kuas yang tepat merupakan hal yang cukup penting untuk dilakukan. Sehingga nantinya penggunaan make up pada wajah dapat terjadi secara sempurna. Sehingga wajah terlihat makin menawan serta make up akan memiliki kesan lebih natural dan tajam. Dengan penggunaan kuas yang tepat maka hasil aplikasi make up di wajah juga terlihat lebih menarik sehingga membuat pemakainya terlihat bersinar.

News Feed