by

Desain Inspiratif Kemasan Unik

Siapa yang sering tertarik membeli produk hanya karena tertarik dari kemasannya, padahal awalnya tidak niat membelinya? Pasti banyak yang pernah melakukannya. Hal tersebut yang dinamakan strategi berbisnis terutama dalam meningkatkan penjualan. Banyak hal pendukung dalam menjulang hal tersebut, khususnya dengan kemasan produk karena hal tersebut yang pertama kali bisa dilihat calon konsumen dalam proses untuk membuat yakin kemudian membeli.

Sebelumnya, sudah banyak dari produk-produk yang dijual dipasaran dengan kemasan yang unik sehingga meningkatkan minat beli di masyarakat. Sebut saja seperti coklat Silver Queen Chunky Bar. Dengan bentuk yang sebelumnya belum pernah ada saat produk ini dilepas di pasaran, ditambah juga dengan bentuk seperti itu tidak besar untuk dibawa kemana-mana, menjadi daya tarik dan hype baru mengalahkan pendahulunya, Coklat Silverqueen yang biasa. Sering dijadikan menu romantis untuk pasangan-pasangan muda, terlebih saat Hari Valentine datang.

Sekarang, Kami akan berikan beberapa desain kemasan yang kreatif untuk membantu Anda menemukan ide kreatif untuk produk Anda.

  1. Kemasan Simpel Menarik

Kemasan Simpel Menarik

Kemasan dengan bentuk simpel namun tetap unik, masih menjadi favorit di masyarakat. Karena dengan bentuk yang mudah diingat namun berbeda dari yang pernah ada sebelumnya, akan lebih mudah diingat dan menjadi bahan obrolan saat sedang berbincang dengan teman, sahabat, ataupun keluarga. Dengan begitu, produk Anda pun terbantu karena penyebaran di masyarakat dengan metode mouth-to-mouth nyatanya tetap menjadi metode paling efektif dan paling murah karena tidak adanya anggaran tambahan untuk memasarkan produk Anda lebih luas lagi. Terlebih produk Anda adalah yang bisa dikonsumsi oleh seluruh kalangan, dengan target awal adalah para mahasiswa atau karyawan kantoran. Dimana penyebaran informasi dengan metode word-of-mouth sangatlah mudah terjadi. Karena itu, perhatikan terlebih dahulu produk yang ingin Anda jual.

  1. Kemasan Efisien

Kemasan Efisien

Apa yang ada dipikiran Anda melihat kemasan seperti diatas? Ya, pasti sangat efektif bukan. Bukan hanya produk diatas yang memiliki kemasan yang efisien, layaknya produk-produk dengan kemasan Tetra Pak seperti Susu Ultra, atau malah seperti keripik-keripik dengan kemasan yang memiliki ziplock agar pada saat masih tersisa dan belum ingin dikonsumsi, tidak dibiarkan terbuka sehingga dapat membuat keripik tersebut menjadi tidak layak dikonsumsi lagi baik karena sudah produk sudah tidak seperti bentuk awal, ataupun karena kotoran yang menempel di keripik tersebut. Maka dari itu, kemasan dengan bentuk efektif menjadi penentu masyarakat untuk membeli sebuah produk. Sekarang, lihat kembali produk Anda. Apabila berupa makanan kukus, Anda bisa gunakan kemasan dengan bahan bambu agar dapat langsung dihangatkan di rumah sebelum disantap. Atau bisa gunakan alumunium foil untuk produk yang mengharuskan untuk dimasukan ke oven untuk dihangatkan atau lebih dibuat matang. Dengan detail kecil tersebut saja, dapat meningkatkan pilihan masyarakat dalam menentukan produk yang ingin dibelinya.

  1. Kemasan Spesial Nan Menarik

Kemasan Spesial Nan Menarik

Kemasan spesial seperti di atas, akan memiliki tempat tersendiri di masyarakat dalam menentukan sebuah produk yang dibeli. Kemasan spesial tersebut akan menarik untuk dipertontonkan baik dokumentasi di media sosial, ataupun memperlihatkan pada sahabat atau keluarga. Karena dengan begitu, penyebaran akan lebih meluas dan meningkatkan penjualan produk Anda. Dengan kemasan bentuk spesial tersebut, Anda juga bisa membuatnya menjadi kemasan limited edition yang diproduksi hanya beberapa buah saja, kemudian Anda ubah kembali menjadi kemasan standar seperti di pasaran dengan anggaran untuk kemasan yang pasti di bawah anggaran kemasan spesial tersebut. Hal tersebut selain dapat meningkatkan minat beli di masyarakat, Anda juga bisa menekan anggaran pembuatan kemasan untuk produk Anda.

  1. Kemasan Dengan Ciri Khas

Kemasan Dengan Ciri Khas

Sama halnya seperti produk air mineral yang sudah menjadi Top of Mind yaitu Aqua, dimana masyarakat sudah mengenal air mineral itu adalah Aqua, sehingga saat mereka ingin membeli air mineral di warung atau toko, mereka cenderung menyebut membeli Aqua, bukan air mineral. Hal tersebut adalah kerja keras pelopor sekaligus pembuat air mineral Aqua pertama kali, Tirto Utomo. Ia dianggap gila karena pada zaman ia memulai untuk menjual air mineral dalam kemasan, air minum itu hanya dapat diminum di gelas, melalui proses perebusan setelah diambil dari sumur. Nah Anda pun juga harus dapat berpikir kreatif untuk produk Anda, dan jangan takut untuk menerapkannya pada produk Anda. Produk diatas menjadi contoh kemasan produk dengan ciri khas, digabungkan dengan efisien. Karena tanpa sedotan pun, produk tersebut bisa langsung diminati oleh konsumen.

  1. Gunakan Fantasi Seluasnya

Gunakan Fantasi Seluasnya

Anda bingung dengan bentuk kemasan apa yang bisa Anda terapkan pada produk Anda? Tidak perlu khawatir, gunakan imajinasi Anda. Gunakan bentuk normal untuk kemasan produk Anda, namun kreasikan dengan design yang menarik seperti diatas. Seperti halnya menerapkan metode Ambience Marketing yang lebih melekat di sekitar konsumen Anda, atau dengan parodi-parodi yang menarik perhatian tentunya.

Masih butuh inspirasi lainnya? Tunggu update Design Inspiratif Kemasan Unik lainnya ya.