by

Fitur Instagram Terbaru yang Dapat Anda Nikmati

Disaat ini Instagram yakni media sosial terbaik buat mengabadikan momen melalui foto dan video, namun kebanyakan orang tidak mengidentifikasi dimensi feed instagram yang sempurna buat foto dan video.

Mengidentifikasi ukuran feed instagram jelas sangat berarti buat membuat publikasi lebih menarik dan bermutu baik. Jadi kala Kalian hendak mempublikasikan, Kalian sudah memiliki gambaran yang jelas tentang bentuk dan ukuran konten.

Semacam diketahui, masing-masing file yang diunggah ke Instagram hendak disisipkan di bagian feed, sehingga pengguna disarankan buat menyesuikan ukuran konten dengan ukuran feed Instagram biar lebih menarik.

Feed Instagram itu Apa?

Feed merupakan salah satu fitur Instagram, fitur ini digunakan buat menyimpan dan menampilkan segala konten yang diposting oleh pengguna baik berupa foto, video dan yang lain. Buat para content creator maupun orang yang sangat mendengarkan estetika di Instagram, tata letak feed sangatlah berarti, baik itu menata foto secara vertikal maupun horizontal.

Dimensi Feed Instagram Ideal

Feed Instagram pula memiliki 2 jenis konten yakni foto dan video Instagram. Buat ukuran keduanya, Kalian pula harus mendengarkan feed Instagram Kalian biar feed Instagram Kalian terlihat lebih menarik dan mempesona.

1. Dimensi Feed Instagram

  • Dimensi square maksimum 1080 x 1080 piksel dengan rasio 1:1
  • Dimensi vertikal maksimum 1080 x 1350 piksel dengan rasio 4:5
  • Dimensi horizontal maksimum 1080 x 608 piksel dengan Rasio 1,91:1

Dimensi foto di feed Instagram erat kaitannya dengan rasio foto yang hendak diunggah. Rasio foto itu sendiri berarti perbandingan ukuran piksel foto.

Kala foto yang diunggah memiliki rasio yang tidak sesuai dengan Instagram, hasilnya hendak di-crop secara otomatis oleh sistem. Ini jelas hendak membuat konten jadi tidak menarik. Sebaliknya itu, Instagram sendiri menetapkan rasio 1:1. Oleh karena itu, masing-masing foto yang hendak diunggah harus memiliki ukuran dengan rasio ini, antara lain 600×600, 720×720, dan 1080×1080.

Kami tidak menyarankan mengunggah foto yang lebih kecil dari 500 x 500. Karena foto yang ditampilkan di feed selanjutnya hendak rusak dan terlihat rusak karena foto dengan ukuran tersebut kualitasnya kurang baik. Apabila Kalian ingin mendownload foto dengan mutu terbaik dan memiliki tampilan yang tajam, Kalian dapat mengenakan ukuran HD yakni 1080 x 1080.

Kalian pula dapat membagi foto jadi 3 bagian di aplikasi pengeditan semacam Canva biar foto terlihat suka urutan pada 3 kotak Canva, setelah itu ekspor buat memandang hasilnya. Tidak cuma itu, Kalian pula dapat mengedit foto buat mengunduh feed Instagram melalui aplikasi picsart. Sehabis itu buat jadi 3 kotak di picsart buat di posting di 3 postingan yang berbeda.

2. Dimensi Streaming Video Instagram

  • Resolusi video vertikal 1080 x 1350 piksel dan rasio maksimum 4:5
  • Resolusi video horizontal 1080 x 608 piksel dan rasio aspek maksimum 1,91:1
  • Resolusi video square 1080 x 1080 piksel dan rasio maksimum 1:1.

Tidak cuma foto, pengguna pula dapat mengunduh konten dalam format video. Nah, Kalian pula perlu mengidentifikasi ukuran video yang cocok buat feed Instagram. Dalam konten foto, rasio yang sempurna ialah 1:1, tetapi Instagram mendefinisikan rasio yang berbeda.

Rasio yang ditetapkan buat video vertikal ialah 4:5 dengan ukuran maksimal 1080 x 1350. Kebalikannya apabila pengguna ingin mendownload video dalam format landscape, rasionya pula berbeda, yakni 1,91:1. Buat video horizontal, ukuran maksimumnya ialah 1080 x 608. Kebalikannya buat video persegi dengan layar yang terlihat semacam persegi, rasionya ialah 1:1 dengan ukuran maksimal 1080 x 1080.

3. IG Tv Ukuran Feed

  • Dimensi landscape 1920 X 1080 dengan rasio 16:9
  • Dimensi potret 1080 X 1920 dengan rasio aspek 9:16

Salah satu jenis ukuran feed Instagram yang harus diketahui pula ukuran video dalam format Instagram Tv. Fitur Instagram Tv ini terencana dirilis oleh Instagram buat pengguna yang ingin mendownload video berdurasi panjang. Karena apabila hanya mendownload video dalam format biasa, pengguna hanya bisa melihat video berdurasi maksimal satu menit, sampai tidak heran apabila fitur Instagram Tv pula banyak digunakan buat konten mini vlog.

Namun, Kalian pula perlu mengidentifikasi ukuran sempurna buat mengunduh video sebagai konten IGTV. Sama semacam konten foto dan video, konten dalam format IGTV pula hendak otomatis terpotong apabila ukurannya tidak sesuai.

Video IGTV pula dapat dibuat dalam format lanskap dan potret. Buat video horizontal, ukuran yang sempurna ialah 1920 x 1080 dengan aspek rasio 16:9, kebalikannya ukuran video vertikal ialah 1080 x 1920 dengan rasio aspek 9:16.

4. Instagram Story dan Instagram Live Ukuran

  • Instagram Story Ukuran 1080 X 1920 dengan rasio 9:16
  • Instagram Live harus vertikal dengan ukuran 1080 X 1920 rasio 9:16

Tidak cuma IGTV, Instagram pula memiliki fitur keren yang lain yakni Instagram Story yang pada dasarnya buat mengunggah konten dalam format vertikal sehingga memudahkan pengguna mengunggah secara otomatis. Tidak semacam konten foto, video, dan IGTV yang hendak ditaruh di umpan Instagram, unduhan dalam format ini tidak dapat ditaruh di umpan. Konten hendak dihapus secara otomatis sehabis 24 jam.

Namun pengguna tetap bisa menyimpannya di highlight yang tertera di profil. Setelah itu gimana dengan fitur Instagram Live? Fitur ini digunakan buat live streaming. Semacam Stories, konten yang disiarkan di IG Live pula dapat dibagikan dalam waktu 24 jam. Menariknya, konten IG Live bisa ditaruh dalam format IG Tv. Story dan IG Live memiliki ukuran sempurna yang sama.

Ini ialah 1080 x 1920 dengan rasio aspek 9:16. Sebetulnya dimungkinkan buat mengunduh konten yang lebih kecil dari ukuran ini, namun, hasil konten yang diunduh bisa jadi hendak lebih kurang baik. Ini karena ukuran di bawah 1080 x 1920 memiliki kualitas yang lebih rendah, jadi pastikan ukurannya benar dikala saat sebelum mengunduh!

Kesimpulan

Dapat disimpulkan jika Instagram menetapkan kondisi buat ukuran feed Instagram yang sempurna. Ukuran sempurna ini harus diperhitungkan oleh pengguna disaat mengunggah konten apabila ingin terlihat menarik. Pengguna dapat mengunduh konten dengan ukuran berbeda, tetapi Mengenai ini tentu hendak sangat pengaruhi tampilan konten dalam streaming. Ukuran yang salah dapat memunculkan konten terpotong.

Tidak cuma itu, apabila ukurannya lebih kecil dari ukuran feed Instagram yang sempurna, bisa jadi besar konten hendak terfragmentasi, jadi pastikan buat tetap mendengarkan ukuran konten dikala saat sebelum mengunggahnya.

News Feed