by

Kenapa Samsung A10S Tidak Bisa Screenshot Panjang

Sejak tahun 2019 kemarin atau lebih tepatnya di bulan februari samsung dengan seri yang satu ini telah diterbitkan. Selain spesifikasi yang dimilikinya sendiri sangat lengkap harga jualnya sendiri pun juga sangat terjangkau.

Menariknya lagi untuk melakukan screenshot ada berbagai macam cara yang bisa anda lakukan. Pada dasarnya screenshot sendiri merupakan suatu hal yang sangat penting untuk dilakukan mengingat banyaknya keperluan yang mau tak mau harus mengambil tangkapan di layar hp kita.

Dengan kata lain cara untuk melakukan screenshot pendek dan juga panjang pun pasti berbeda. Mungkin anda sering bertanya-tanya kenapa samsung a10s tidak bisa screenshot panjang? Mungkin saja anda salah dalam melakukan screenshot atau belum mengetahui caranya.

Nah berikut ini ke 4 metode yang bisa anda lakukan untuk mengambil tangkapan layar alias screenshot di hp samsung dengan tipe a10s. untuk lebih jelasnya simak tips yang telah dirangkum oleh Blog Rapikan di bawah ini ya!

  1. Menggunakan tombol

Langkah yang pertama ini merupakan cara paling umum yang biasanya dilakukan pada hampir keseluruhan tipe atau mode hp samsung. Caranya sendiri sangat gampang untuk dilakukan.

Terlebih dahulu anda harus memastikan bahwa layar hp anda tersebut berada dalam posisi yang akan diambil screenshot. Nah jika sudah tekan tombol power dan juga volume bawah. Satu hal ynag harus anda ingat yaitu anda harus melakukan menekan ke dua tombol tersebut secara bersamaan.

Apabila layar hp samsung anda sudah berkedip dan juga suara shutter yang anda nyalakan sudah terdengar maka secara otomatis proses penangkapan layar alias screenshot tadi sudah berhasil direkam oleh sistem.

Untuk melihat hasilnya anda dapat membuka aplikasi galeri di hp. Selain gampang tetapi di sisi lain ternyata screenshot ini juga punya kerugian lho! Jika tombol yang satunya rusak maka anda harus menggunakan metode lainnya.

  1. Metode palm swipe

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, apabila tombol hp anda rusak dan ingin melakukan penangkapan layar maka anda bisa menggunakan metode palm swipe. Di mana sistem kerjanya sendiri tak lain yaitu menggunakan sensor.

Langkah pertama yang perlu anda lakukan yaitu aktifkan terlebih dahulu palm swipe di menu pengaturan atau setting. Jika sudah maka pilih gerakan dan gestur atau motion and gesture.

Apabila sudah selesai maka aktifkan palm swipe to captue. Dengan begitu anda pun bisa langsung melakukan screenshot dengan menggerakkan tangan saja. Caranya yaitu anda cukup melakukan swipe dari arah kanan ke kiri dengan posisi tangan seperti pisau.

  1. Memakai google assistant

Selain ke dua cara di atas maka anda bisa menggunakan google assistant untuk melakukan screenshot pendek. Caranya sendiri anda cukup menekan serta menahan tombol menu home cukup beberapa detik saja.

Jika sudah maka anda dihadapkan pada google assistant.   Setelah itu ucapkan take screenshot. Dengan begitu layar pun secara otomatis akan berkedip dan screenshot pun berhasil dilakukan.

  1. Scroll capture/screenshot panjang

Setelah mengetahui ke 3 cara untuk screenshot pendek di atas maka langkah terakhir yang bisa anda lakukan untuk melakukan screenshot alias scroll capture yaitu dengan menekan tombol volume bawah dan juga power secara bersamaan.

Nantinya akan muncul sebuah pop up menu smart capture jika sudah maka pilih anak panah bagian bawah sampai batas screenshot mana yang anda inginkan. Namun apabila menu pop up smart capture ini tidak masuk maka anda harus membuka menu settings terlebih dahulu. Jika sudah pilih advanced features alias fitur lanjutan kemudian pilih smart capture.

News Feed