by

Lakukan Gaya Lompat Jauh Ini Layaknya Atlet Profesional

Salah satu jenis olahraga dari cabang atletik yang cukup banyak penggemarnya adalah lompat jauh. Adapun teknik yang sering dilakukan pada olahraga ini adalah lari secara perlahan kemudian beralih kepada lari cepat dan kembali kepada lari pendek yang nantinya siap untuk melompat serta melayang di udara. Sekilas memang cukup mudah apalagi jika kita melihat para atlet profesional yang melakukannya sepertinya tidak mengalami kesulitan. Padahal untuk melakukan gerakan yang yang indah tersebut harus melakukan beberapa latihan secara di siplin serta mengetahui teknik-teknik dasar dari lompat jauh.

Begitu juga tentang beberapa faktor non teknis seperti misalnya mengetahui jarak awalan lompat jauh. Jarak awalan lompat jauh adalah salah satu faktor yang memegang peranan cukup penting dimana nantinya sangat berkaitan dengan jarak hasil dari lompatan tersebut. Semakin bagus teknik awalan yang Anda terapkan maka hasilnya akan jauh lebih maksimal apalagi posisi tubuh yang harus disesuaikan dengan beberapa teknik.

Berikut ini beberapa gaya lompat jauh yang bisa Anda pelajari saat badan melayang di udara. Adapun posisi ini akan semakin membuat hasil lompatan Anda cukup maksimal.

Gaya jongkok atau ortodok

Gaya ini sering dilakukan saat badan melayang di udara di mana fungsinya adalah agar Anda bisa memperoleh kecepatan maksimum ketika ingin melompat. Pada saat posisi tolakan maka biasanya Anda menggunakan kaki yang terkuat. Nah di saat seperti inilah atau pada posisi mulai melayang maka lakukan posisi menekuk lutut ke atas. Saat mendarat nantinya awali dengan tumit kaki yang sedikit ditekuk

Gaya menggantung atau schnepper

Gaya lompat jauh ini dilakukan dengan posisi kaki bertumpu pada papan tolakan dan untuk melakukannya pun badan harus dalam posisi tegak. Bbagian belakang dan ke depan bersamaan dengan kedua lengan saat akan melakukan pendaratan maka kedua kaki harus diluruskan ke depan serta kedua tumit mendarat

Gaya berjalan di udara atau Walking In The Air

Gaya ini cukup populer karena memang digunakan oleh banyak atlet dimana sebutan yang sering digunakan adalah Walking In The Air. Untuk melakukan gaya ini maka pastikan Anda melakukan tolakan dimana posisi pinggang sedikit diturunkan dan paha serta kaki diayunkan secara bebas. Tak lupa juga luruskan lutut kemudian sendi mata kaki dan pinggang saat melakukan tolakan tersebut.

Saat melayang di udara berjalanlah seperti saat Anda berjalan di tanah. Dan saat akan mendarat maka lengan dan tubuh ditarik ke depan dan bawah serta posisi kaki dibutuhkan sesaat. Sepertinya,  teknik ini hampir mirip dengan teknik menggantung di udara namun posisinya seperti layaknya Anda berjalan di darat

Satu hal yang perlu Anda ketahui saat melakukan olahraga lompat jauh atau jenis aktivitas fisik lainnya maka yang harus Anda siapkan adalah kebugaran jasmani itu sendiri. Mengapa hal ini penting? Karena faktor inilah yang sangat menentukan sanggup tidaknya tubuh kita dalam melakukan sesuatu apalagi saat melakukan lompat jauh yang kita tahu bahwa jarak awalan lompat jauh adalah faktor penentu hasil akhir dari lompatan Anda sendiri.

Anda bisa melakukan serangkaian gerakan untuk membuat otot menjadi lentur seperti berlari, berenang atau hal lainnya. Termasuk, memastikan jenis asupan makanan yang sehat agar tidak berpengaruh saat melakukan latihan. Jadi, dengan penjelasan diatas diharapkan Anda tidak kesulitan lagi untuk memahami berbagai gaya lompat jauh layaknya atlet profesional.

News Feed