by

Mengenal Bahan Spandek yang Memiliki Sifat Elastis

-Bisnis-18 views

Mungkin kamu sangat tidak asing lagi dengan bahan kain yang cukup populer ini, yaitu kain spandek yang bisa dibilang mempunyai karakteristik yang cukup sangat unik jika di bandingkan dengan bahan yang lainnya. Yang membuat kamu penasaran untuk mencari tahu dulu seperti apa ciri dari khas kain spandek, kelebihan, kekurangan dan juga manfaat kain spandek dalam industri fashion. Untuk nama lain dari kain ini adalah elastane. Bahan spandek adalah sejenis serat dengan buatan yang mempunyai sebuah ciri khas bahan yang sangat elastis atau juga mampu merenggang. Kemampuan bahan spandek untuk bisa merenggang hingga mencapai 5 kali dari ukuran yang biasanya.

Dengan bahan ini yang merupakan salah satu bahan yang sangat sintetis yang sengaja di desain untuk menggantikan sebuah peran karet. Sebuah bahan pada kain ini juga cukup mudah di warnai sekaligus juga kompatibel dengan bahan kain yang lainnya, jika di campurkan dapat menghasilkan sebuah produk yang terbilang sangat unik. Karena kain tersebut yang mempunyai ciri khas dari sebuah serat dan juga bahan campuran. Untuk dunia tekstil, bahan spandek ini yang sangat banyak sekali dipilih oleh Sebagian orang besar untuk berbagai macam keperluan, dengan mengingat kain ini yang mempunyai tingkat keunikan yang sangat tinggi dan juga yang terbilang sangat tahan lama. Bahan ini diperkenalkan sekitar tahun 1947.

Kelebihan Kain Spandek

Kain yang mempunyai karakteristik yang indah ini sama seperti bahan kain-kain yaitu mempunyai kelebihan. Bahan yang satu ini juga sangat sering di pakai di sebuah industri yang sangat besar konveksi untuk membuat sebuah pakaian.

Banyak Varian

Bahan spandek ini yang di campurkan dengan berbagai bahan yang lain terlebih dahulu untuk memberikan hasil akhir berupa kain dengan beberapa dahulu untuk memberikan hasil akhir yang berupa kain dengan beberapa varian dan juga sangat mempunyai kain yang sangat unik. Dengan banyaknya varian pada sebuah bahan spandek yang membuat para konsumen mempunyai pilihan untuk bisa memilih bahan spandek untuk mana yang di inginkan. Sekitaran ada 9 jenis varian campuran kain ini yang ada di industri pasar. Yang diantara lainnya : bahan nilon spandek, spandek Korea, spandek denim, dan sebuah bahan katun spandek. Yang masing-masing tersendiri. Sehingga jika kamu ingin memakai salah satu pakaian dengan bahan yang juga beberapa diantaranya sekaligus.

Kain Spandek Mempunyai Bahan yang Ringan

Bahan yang satu ini yang sangat ringan saat di gunakan karena mempunyai sifat yang dapat merenggang. Maka bahan ini tidak akan membatasi ruangf gerak untuk pemakainya. Karena bahan kainnya yang sangat ringan. Jenis kain yang satu ini yang sering di pakai untuk membuat pakaian olahraga serta pakaian lainnya, dengan bahan spandek juga dapat di jadikan pengerat pinggang jenis kostum lainnya.

Spandek Tidak Mudah Mengkerut

Kain spandek ini yang jika kamu ingin menyuci dengan menggunakan tangan, maka bahannya yang tidak akan mudah untuk mengkerut. Kelebihan dari bahan yang lain dari bahan spandek yaitu tidak sangat merepotkan penggunanya karena jenis kainnya yang sangat simpel. Yang setelah kamu mencuci pakaian dengan bahan spandek, maka kamu akan melangsung dapat menyampanya kamu tidak harus menyetrika.

Tidak Mudah Melar

Bahan yang satu ini memang sangat di kenal dari sifat elastisnya, dengan bahan ini dapat merenggang hingga ukurannya 5 kali lebih besar dari ukuran aslinya.

News Feed