by

Minyak Zaitun, Perawat Wajah yang Terbukti Ampuh

Manfaat minyak zaitun, atau olive oil, sudah dirasakan aktris Hollywood Reese Witherspoon. Kendati usianya kini 43 tahun, pemain Legally Blonde itu terlihat awet muda. Saat syuting film seri The Morning Show, ia membuka rahasia perawatan wajahnya memakai Replenishing Cleansing Oil. Larutan pembersih itu ternyata mengandung minyak zaitun.

Memang, bukan rahasia lagi khasiat minyak zaitun pada kulit. Hebatnya, minyak ini dapat digunakan untuk semua jenis kulit: normal, kering, berminyak, kombinasi, hingga sensitif.

Keunggulan minyak zaitun karena mengandung antioksidan. Selain melawan radikal bebas, antioksidan membantu mengurangi kerutan di wajah akibat paparan sinar UV.

Minyak  zaitun juga mengandung vitamin A, D, E, dan K. Cukup komplit, kan? Sebagaimana diketahui, vitamin E dapat mengatasi berbagai masalah pada kulit, seperti eksim dan psoriasis. Vitamin E juga memperepat proses pengembalian warna kulit ketika memar akibat gigitan serangga.

Tertarik memanfaatkan minyak zaitun untuk perawatan wajah dan kulit? Sebelum membeli, patut diketahui beragam jenis minyak zaitun yakni light, pure, virgin, dan extra virgin. Yang terbaik untuk kulit adalah extra virgin karena lebih kaya akan kandungan antioksidan, vitamin, dan mineral. Pastikan juga produk yang dibeli asli. Minyak zaitun asli terlihat dari sertifikasi halal, BPOM, dan International Olive Council (untuk yang disebutkan terakhir harganya lebih mahal).

Minyak zaitun bisa dipakai untuk apa saja?

  1. Membersihkan wajah. Gunakan saat wajah masih lembab atau sedikit basah (selesai cuci muka). Teteskan sedikit saja di permukaan wajah, lalu ratakan dengan tangan. Prosesi ini bisa dilakukan dua kali seminggu.
  2. Melembapkan kulit. Keunggulan minyak zaitun extra virgin oil yang dapat digunakan untuk berbagai jenis kulit, membuatnya sangat efektif sebagai pelembap. Oleskan minyak zaitun saat ritual membersihkan make up. Jangan terburu-buru membilas dengan air, biarkan saja minyak zaitun di kulit muka sambil ditepuk-tepuk dengan tangan agar meresap. Setelah 2-3 menit baru kamu boleh membilas dengan air.
  3. Menghapus riasan. Oleskan pada kapas untuk membersihkan sisa make up. Bisa juga dicampur dengan perasan lemon. Fungsi perasan lemon untuk mencegah timbulnya jerawat. Selain lemon, lidah buaya boleh juga dicampukan pada minyak zaitun. Fungsi lidah buaya sebagai penenang kulit wajah akibat iritasi.
  4. Mengobati jerawat. Dengan campuran lemon atau murni, minyak zaitun efektif mengobati jerawat. Mengapa? Karena minyak zaitun merupakan antioksidan dan antibakteri alami. Dapat digunakan pada jerawat yang sudah merah atau hampir matang. Cara ini lebih baik ketimbang tangan kamu iseng memencet jerawat, kan?
  5. Jadi Masker alami. Kamu bisa juga memakai minyak zaitun untuk masker wajah. Caranya, campurkan setengah sendok makan minyak zaitun dengan kuning telur dan satu sendok makan terigu. Takaran minyak zaitun bisa ditambahkan kalau ramuan tadi terlalu kental. Setelah siap, oleskan pada wajah dan biarkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air.
  6. Menghilangkan kerutan. Caranya, oleskan minyak zaitun menjelang tidur dan saat bangun pagi. Setelah itu baru mandi dan siap-siap beraktivitas.

Jangan lupa menyimpan minyak zaitun di tempat yang sejuk dan jauh dari jangkauan matahari, ya. Kalau salah menyimpan, nanti cepat berbau tengik dan menurunkan khasiat vitamin dan mineral yang dikandungnya.

News Feed