by

Murid Lesu Belajar, Semangati dengan Cara ini

Para guru yang berbahagia, menjadi guru memiliki banyak sekali tantangan. Salah satunya adalah ketika murid kita lesu dalam belajar. Lesu, tidak punya semangat, atau bosan adalah hal yang wajar dialami oleh seorang anak didik kita. Jangankan mereka yang butuh motivasi belajar, kita sebagai guru kadang juga membutuhkan dorongan semangat untuk tetap semangat mengabdikan diri pada dunia pendidikan.

Berikut beberapa cara yang bisa bapak ibu guru terapkan untuk meningkatkan motivasi belajar para murid yang sedang lesu.

  1. Buat Suasana yang Nyaman dalam Belajar

Untuk membuat suasana yang nyaman dalam belajar, ruangan sangat berpengaruh. Tata letak yang baik dapat membuat anak lebih semangat untuk belajar. Kita sebagai guru bisa mengagendakan bersama para murid untuk kerja bakti menghias kelas. Memberikan hiasan hingga kata-kata motivasi belajar akan mendukung suasana belajar yang lebih fresh.

  1. Perbanyak Varias Metode Pembelajaran

Untuk belajar, kadang kala murid bosan dengan cara-cara konvensional. Murid memerlukan inovasi kreatif dalam metode pembelajaran. Agenda seperti belajar dalam bentuk outbound bisa jadi alternatif. Jika itu sulit, bapak ibu guru bisa mencoba untuk mengisinya dengan menonton film yang menghibur sekaligus mendidik. Ini dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa!

  1. Berikan Reward

Murid juga sangat senang jika mereka mendapatkan hadiah dari gurunya. Semua murid memang perlu kita apresiasi, sekecil apa pun pencapaian mereka. Kadang para guru meremehkan tugas muridnya, mereka hanya memberi tugas tanpa ada feedback dari gurunya. Padahal dengan memberikan paraf dan pesan apresiasi kepada murid akan menumbuhkan motivasi belajar yang lebih tinggi bagi murid.

  1. Ingatkan Akan Masa Depan Mereka

Guru yang baik tentu harus mengenali muridnya dengan baik, termasuk cita-cita mereka. Nah sebagai seorang guru, tidak ada salahnya jika bapak ibu terus memotivasi mereka bahwa mereka tidak bisa bermalas-malasan dalam belajar, jika tidak cita-cita mereka akan menjadi mimpi semata.

  1. Jangan Hanya Mengajar, tapi Juga Mendidik

Mengajar lebih berkaitan dengan bagaimana seorang guru menyampaikan materi yang sudah tercantum di kurikulum. Dalam hal ini, tugas guru tidak hanya mengajar, tapi juga mendidik. Maka dari itu, guru juga harus mampu memberikan tauladan perilaku yang baik kepada muridnya. Untuk menambah motivasi belajar, guru juga bisa memberikan cerita tentang orang-orang yang inspirasional. Ini adalah bagian dari fungsi pendidikan.

5 cara di atas bisa bapak ibu coba ketika mulai merasa murid-murid telah mengalami penurunan semangat dan motivasi belajar. Oh iya, sebagai tambahan, di zaman digital saat ini, bapak ibu sangat dianjurkan juga untuk memberikan arahan kepada muridnya bahwa belajar bisa dimana saja dan kapan saja. Bapak ibu bisa memberikan informasi kepada mereka beberapa informasi tentang aplikasi yang memudahkan mereka dalam belajar.

Salah satu yang mungkin saya rekomendasikan adalah ruang guru. Platform belajar yang satu ini saya rekomendasikan karena anak saya juga memakainya. Ada fitur ruang belajar yang bisa membantu anak-anak dapat belajar dengan mudah. Harganya juga relatif terjangkau dibanding harus bimbel. Ruang belajar menyediakan paket belajar online dari semua jenjang dan semua mata pelajaran sesuai kerikulum yang dipakai sekolah.