by

Peluang Bisnis Konveksi dan Tips Sukses Memulainya

-Bisnis-29 views

Pada dasarnya setiap usaha tentu saja memiliki peluang yang sama, termasuk dalam usaha konveksi.  Konveksi sendiri diartikan sebagai usaha yang bergerak di bagian produk pakaian secaa massal atau dalam jumlah yang besar sesuai dengan permintaan konsumen.  Pada dasarnya produk-produk keluaran dari konveksi ada berbagai jenis misalnya saja, kaos, topi, jaket, seragam, almamater, polo shirt, rok, celana dan lain-lain. Jenis usaha konveksi sendiri masih dinimati di Indonesia, salah satunya yaitu konveksi bandung yang memang sudah terkenal menyediakan jasa konveksi berkualitas dengan hrga bersaing.

Anda juga berpeluang untuk sukses dalam jalur bisnis konveksi. Mengingat pakaian menjadi salam satu kebutuhan utama yang harus dipenuhi oleh semua orang.  Bisa dikategorikan bahwa bisnis pada bisang ini tidak akan mengalami pasang surut yang berarti.  Jika anda berencana ingin memulai usaha di bidang konveksi tersebut ada baiknya anda menyimak informasi tentang peluang bisnis konveksi dan tips sukses memulainya berikut ini :

  • Tentukan produk knveksi apa yang akan anda produksi : sebagai langkah awal, tentu saja alangkah baiknya anda menentukan produk konveksi yang akan diproduksi apakah pakaian pria, pakaian wanita, pakaian anak-anak, pakaian dewasa serta jenis pakaian lainnya. Atau bisa juga berdasarkan keperluan pemakaian misal formal, informal, casual, seragam dan lain-lain. Dengan menentukan produknya tentu anda bisa lebih mudah menyiapkan strategi marketing serta branding usaha anda.
  • Siapkan modal usaha : modal menjadi salah satu hal yang harus anda pikirkan. Setidaknya saat ini ada 2 jenis konveksi yang ada, yaitu konveksi ready stok serta konveksi pre order. Jika konveksi ready stok tentunya anda harus memiliki modal yang cukup besar karena artinya anda harus membuat pakaian jadi kemudian memasarkannya.  Berbeda dengan konveksi pre order yang lebih menghemat budget karena hanya menerima pesanan saat ada orderan.
  • Persiapkan lokasi usaha anda : tidak harus menyewa ruko atau tempat yang mahal dan besar, untuk di awal bisnis tidak ada salahnya memanfaatkan lahan yang anda miliki misalnya di teras rumah. Jika nanti usaha anda sudah berkembang, maka anda bisa memisahkan usaha anda ke tempat yang lebih luas.
  • Cari supplier : dalam menjalankan usaha apapun termasuk usaha konveksi, tentu anda harus bekerja sama dengan pihak lain dalam hal ini yaitu supplier. Di bisnis konveksi sendiri setidaknya ada beberapa jenis supplier yang harus anda jalin kerja samanya yaitu supplier bahan baku, supplier peralatan jahit dan lain-lain

Usaha apapun tentu bisa menjadi sukses jika anda ketekunan. Semoga tips serta trik dalam memulai usaha konveksi di atas bisa memberikan inspirasi anda dalam berbisnis teruatama di bidang produksi pakaian.

News Feed