Penyebab Munculnya Uban Di Masa Muda dan Cara Mengatasinya

Gaya Hidup34 views

Rambut merupakan mahkota bagi seseorang. Karena dengan rambut yang sehat hitam mengkilap bisa mendukung penampilan seseorang menjadi semakin keren.

Namun, karena berbaga faktor rambut yang hitam menjadi pudar dan berubah menjadi putih atau yang disebut uban.

Bukan hanya kepada orang tua saja, uban juga bisa muncul kepada orang muda. Maka dari itu, dalam kesempatan kali ini akan coba membahas tentang penyebab munculnya uban di usia muda dan cara mengatasinya.

Penyebab Munculnya Uban di Usia Muda

Ada beberapa penyebab munculnya uban di usia muda, antara lain:

  • Gen bisa menjadi faktor penyebab munculnya uban di usia muda. Mempunyai orangtua atau saudara yang juga mengalami uban di usia muda akan sangat rentan munculnya uban di usia muda.
  • Mengalami stres yang berlebihan bisa menjadi penyebab munculnya uban di usia muda.
  • Muncul uban di usia muda juga bisa disebabkan karena mengalami penyakit autoimun. Penyakit ini menyerang rambut yang menyebabkan warna rambut hilang, seperti vitiligo dan alopecia.
  • Mengalami perubahan hormon karena gangguan tiroid, seperti hipotiroid dan hipertiroid bisa menjadi penyebab munculnya uban di usia muda.
  • Munculnya uban di usia muda juga bisa disebabkan kekurangan vitamin B-12. Vitamin B-12 ini berfungsi menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh, termasuk rambut.
  • Selain mengganggu kesehatan, merokok juga ternyata bisa menjadi penyebab munculnya uban di usia muda. Dengan merokok aliran darah menjadi terganggu dan merusak folikel rambut.
  • Berbagai macam penyakit dan penuaan seperti munculnya uban bisa terjadi akibat stres oksidatif yang disebabkan radikal bebas.
  • Munculnya uban di usia muda juga bisa disebabkan karena penggunaan produk perawatan rambut yang mengandung bahan kimia berbahaya sehingga merusak pigmen alami rambut.

Cara Mengatasi Uban di Usia Muda

Berikut beberapa cara menghilangkan uban di usia muda:

  • Berhenti Merokok

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa salah satu penyebab munculnya uban di usia muda adalah merokok. Oleh karena itu, cara untuk mengatasi uban di usia muda adalah berhenti merokok.

Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang suka merokok memiliki peluang 2 1/2 kali lebih tinggi mengalami pertumbuhan uban sebelum berusia 30 tahun.

  • Hindari Penggunaan Produk Perawatan Rambut Berbahan Keras

Menggunakan produk perawatan rambut berbahan keras, bisa berisiko memperparah pertumbuhan uban dan bahkan memicu masalah lain seperti rambut kering dan rontok. 

Maka dari itu, hindari menggunakan alat pengering rambut dan sebaiknya dikeringkan secara alami saja, menghindari bleaching dan pewarna rambut, dan melakukan keramas sebanyak 2-3 kali seminggu.

  • Selalu Melindungi Rambut

Sama seperti kulit wajah dan tubuh, rambutpun memerlukan perlindungan dari paparan sinar matahari langsung.

Maka dari itu, ketika sedang beraktivitas di luar ruangan, maka sebaiknya menggunakan pelindung kepala, seperti topi, scarf, atau hijab bagi perempuan untuk menghalangi rambut dari sinar UV.

  • Mengkonsumsi Makanan Bernutrisi Tinggi

Kekurangan vitamin B-6, B-12, Vitamin E menjadi salah satu penyebab munculnya uban di usia muda.

Untuk mencegah hal itu terjadi, anda disarankan untuk memenuhi asupan vitamin serta mineral dalam tubuh. Untuk mendapatkan kandungan tersebut, anda bisa mengonsumi ikan, sayuran, telur, daging, oat, dan kacang-kacangan.

  • Mengonsumsi Asupan Tinggi Antioksidan

Untuk mencegah munculnya uban di usia muda, anda bisa menerapkan pola diet tinggi antioksidan guna mengurangi stres oksidatif.

Untuk mendapatkan kandungan ini anda bisa mengonsumsi sayur dan buah-buahan seperti pepaya, mangga, stroberi, alpukat, pepaya, kelapa, minyak ikan, minyak zaitun dan teh hijau.