by

Pilih Kanopi Baja Ringan atau Baja Besi untuk Atap Rumah?

Dalam membuat suatu rumah memang perlu yang namanya atap yang bagus dan juga tahan lama. Dengan atap yang bagus ini tentu akan membuat penghuni rumah bisa dengan nyaman tinggal di dalamnya. Untuk bahan atap ini sekarang ini memang sedang populer dengan pemasangan kanopi. Dengan kanopi tentu rumah akan terlihat lebih indah daripada dengan atap kayu pada umumnya.

Dari sisi bahannya memang kanopi layak untuk dipilih pada bagian atap tetapi ada yang lebih penting yaitu terkait penyanggahnya. Ada dua pilihan yang sering digunakan oleh kebanyakan orang untuk kanopi ini yaitu baja ringan dan besi. Dari keduanya ini tentu kamu perlu tahu terkait lebih memilih baja ringan atau besi jika digunakan untuk kanopi pada atap rumah atau di bagian teras?

Kanopi Besi

Sebelum membahas pilihan yang mana ada kalanya kamu mengetahui terlebih dahulu akan kanopi besi ini. Bahan besi yang biasa digunakan untuk kanopi ini pada umumnya menggunakan besi jenis hollow. Besi satu ini memang memiliki ketahanan pada angin meskipun ini dengan intensitas angin besar.

Selain itu, tampilan dari kanopi ini juga tidak seindah bahan kanopi lain karena bentuknya sangat sederhana. Sedangkan untuk proses pemasangannya memang kanopi lebih cepat dalam proses pembuatannya. Sehingga, ketika memutuskan untuk menggunakan kanopi ini proses pembuatannya tidak memakan waktu lama.

Meski memiliki kelebihan seperti itu, kanopi besi memiliki kekurangan dari sisi harganya yang mahal. Sehingga, kanopi satu ini tidak dapat dijangkau oleh masyarakat dengan dana terbatas. Tidak hanya itu, kanopi dengan bahan besi juga mudah berkarat, sehingga dalam proses pembuatannya harus menggunakan atau dilapisi cat anti karat. Dengan itu, kamu perlu dana tambahan untuk membeli cat anti karat sebagai pelapisnya itu.

Kanopi Baja Ringan

Sesuai dengan namanya, kanopi satu ini memang dari sisi bobotnya memang terlihat lebih ringan. Sehingga, mudah di bawa kemanapun dan juga dari ketokohannya juga bisa diandalkan. Karena meski ringan, baja satu ini juga kokoh, anti karat, anti keropos, sehingga bahan ini bisa lebih kuat daripada besi hollow dari sisi usianya.

Tidak hanya itu, dari sisi harganya, kanopi baja ini harganya lebih murah dari kanopi besi. Selain itu, karena harganya yang mudah tentu bisa dijangkau oleh banyak untuk digunakan pada setiap rumahnya. Kanopi satu ini juga membuat kamu tidak perlu lagi membeli cat anti karat untuk pelapis dari baja tersebut.

Meski mempunya kelebihan seperti di atas bukan berarti baja ringan ini tidak memiliki kekurangan. Salah satu kekurangan dari bahan ini adalah perlu kehati-hatian dalam proses pembuatan dan pemasangan. Kesalahan sedikit saja dari sisi pemasangan akan membuat kanopi ini bisa ambruk seketika. Sehingga, hanya orang-orang yang sudah berpengalaman yang bisa memasang jenis kanopi satu ini

Itulah beberapa kelebihan dan juga kekurangan dari baja ringan dan juga besi hollow yang biasa digunakan untuk kanopi. Dari pemaparan di atas tentu kamu bisa memilih mana yang sekiranya terbaik untuk kamu pilih pada saat akan memasang kanopi.

Tetapi apapun jenis bahan kanopinya tentu dalam memilih jasa pembuatan dan pemasangan, kamu harus tetapi memilih kanopi Sidoarjo. Sebab, hanya jasa ini yang mampu membuat pemasangan dan pembuatan kanopi dengan bentuk yang sempurna. Selain itu, untuk masalah harganya juga sangat terjangkau dan mampu dijangkau oleh semua orang meski dari kalangan kecil.

News Feed