by

Rasakan Manfaat Berjemur di Bawah Sinar Matahari untuk Cegah Virus Corona

Merebaknya pandemi virus Corona memang membuat masyarakat mengupayakan berbagai macam gaya hidup sehat agar bisa terhindar dari penyakit berbahaya tersebut. Penyakit saluran pernapasan yang dikenal sebagai Covid 19. Kondisi yang juga tidak dapat diremehkan, karena sudah banyak jumlah korban jiwa yang disebabkan olehnya. Sampai saat ini sendiri sudah tercatat lebih dari 1 juta orang terjangkit penyakit Covid 19 di seluruh dunia. Bahkan dari segi prediksi jumlahnya juga akan senantiasa mengalami peningkatan dari waktu ke waktu.

Guna memutus rantai penyebaran dari virus tersebut memang harus ada kerjasama dari pemerintah dan juga masyarakat. Sehingga nantinya dapat terhindar secara optimal. Karena percuma saja jika seandainya pemerintah membuat kebijakan, namun tidak disertai dengan aksi atau tidak dipatuhi oleh masyarakatnya, sudah pasti hasilnya akan sama saja bukan. Mulailah untuk menerapkan kebiasaan sehat seperti diantaranya adalah rutin mencuci tangan, karena tangan ini adalah faktor utama cepatnya penularan dari virus tersebut. Biasakan diri juga untuk mengenakan masker ketika keluar ruangan.

Hal yang tidak kalah penting untuk dilakukan sebenarnya adalah dengan meningkatkan sistem imuns atau kekebalan tubuh, tentunya dengan berbagai macam cara, mulai dari mengkonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi. Kemudian juga olahraga secara rutin akan membantu untuk meningkatkan sistem imuns. Anda juga dapat membiasakan diri untuk berjemur sinar matahari pagi, ternyata ada banyak sekali manfaatnya, diantaranya adalah:

  1. Meningkatkan sistem imuns, ternyata paparan dari sinar matahari ini bisa membantu di dalam meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga nantinya Anda dapat terlindungi dari berbagai jenis penyakit, termasuk diantaranya adalah infeksi virus Corona, kemudian juga penyakit autoimun sampai dengan psoriasis. Pilihlah waktu berjemur yang tepat mulai dari pukul 9 pagi sampai dengan 11 siang.
  2. Dapat menurunkan tekanan darah, mereka yang menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi, maka berjemur di bawah sinar matahari sebenarnya juga termasuk sebagai salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk turunkan tekanan darah. Karena nantinya ada senyawa nitric oxide yang membantu untuk melebarkan pembuluh darah secara alami.
  3. Menjaga kesehatan tulang, sinar matahari nyatanya juga dapat mengaktifkan vitamin D yang ada dalam tubuh. Dimana seperti yang Anda ketahui bahwa vitamin yang satu ini memiliki peran yang sangatlah penting di dalam menjaga kesehatan tulang dan juga gigi. Karena memang dapat merangsang penyerapan kalsium dan juga fosfor.
  4. Bisa meningkatkan fungsi otak, ketika kadar vitamin D yang ada di dalam tubuh rendah, maka hal ini akan menurunkan fungsi kognitif, apalagi bagi orang yang sudah berusia di atas 65 tahun. Untuk itu maka dengan berjemur di bawah sinar matahari maka akan meningkatkan fungsi otak.
  5. Menghilangkan depresi ringan, terlalu banyak tekanan di dalam pekerjaan beresiko menyebabkan stress hingga membuat depresi ringan. Ternyata paparan dari sinar matahari ini juga sangat berguna untuk menghilangkan depresi ringan yang Anda alami. Mengingat nantinya otak akan memproduksi hormon serotonin yang berguna untuk membuat suasana hati menjadi lebih baik.
  6. Meningkatkan kualitas tidur, sehingga membuat Anda bisa tidur lebih nyenyak dan terhindar dari gangguan tidur seperti insomnia.

Tentunya masih banyak lagi diantara manfaat lain yang bisa Anda rasakan. Berjemur secara tepat membantu untuk melindungi diri dari infeksi virus Corona. Temukan informasi kesehatan menarik lainnya di Halodoc.

News Feed