by

Rekomendasi Laptop Terbaik yang Harus Kamu Tahu!

Mahasiswa Indonesia saat ini lebih banyak menggunakan laptop untuk kebutuhan mengerjakan tugas. Selain karena laptop lebih mudah dibawa kemana-mana, laptop juga merupakan perangkat praktis yang bisa digunakan, tidak hanya untuk mengetik tapi juga sekaligus untuk mendukung presentasi.

Kebutuhan mahasiswa akan sebuah laptop sebenarnya beragam, tergantung dari jurusannya. Tapi secara umum, sebuah laptop terjangkau dan berdesain tipis adalah yang paling banyak dibutuhkan mahasiswa. Terjangkau, karena rata-rata mahasiswa butuh laptop murah dan bobotnya tidak terlalu besar dan mudah untuk dibawa ke mana-mana.

Ada banyak tipe laptop dengan kriteria tersebut, ada laptop harga 2 jutaan sampai laptop harga 6 jutaan yang cocok untuk mahasiswa secara umum. Nah, saya kali ini akan memberikan daftar rekomendasi laptop terbaik untuk mahasiswa berdasarkan kriteria yang tadi disebutkan.

1. ASUS BR1100CKA

Sebagai laptop yang dikhususkan untuk pelajar dan mahasiswa, ASUS BR1100CKA dihadirkan dengan spesifikasi dan fitur yang sesuai untuk menunjang produktivitas dengan nyaman. Keunggulan utamanya terletak pada konektivitas unggul yang mendukung WiFi 6 dan Bluetooth 5.0.

Ditambah, perangkat seharga Rp4,7 jutaan ini dirancang dengan begitu kokoh, menyelimuti bodinya dengan bumper yang terbuat dari karet agar tidak mudah rusak walaupun terbentur atau jatuh. Bahkan keyboard-nya pun dibuat agar tahan terhadap tumpahan air, atau yang biasa disebut sebagai spill-resistant. Sungguh cocok digunakan oleh anak-anak.

Ketahanan bodinya membuatnya sanggup melalui beragam tes MIL-STD 810H, sehingga tidak akan mudah rusak meskipun berada pada suhu ekstrim, guncangan, hingga tekanan mencapai 28 kg. Bagian port-nya juga dirancang agar bisa tidak mudah rusak meski telah dicabut-pasangkan dengan aksesors sebanyak 5000 kali.

Pelajar dan mahasiswa yang ingin melakukan kelas daring juga akan mengapresiasi mikrofon laptop yang sudah dirancang dengan fitur noise cancellation, sehingga menjamin suara pengguna tetap terdengar jelas dan memblokir suara latar belakang hingga tidak terdengar sama sekali.

2. Dell Latitude 3190

Laptop mana lagi sih yang lebih cocok untuk produktivitas ketimbang laptop konvertibel? Dengan Dell Latitude 3190 yang mendukung layar touchscreen, pengguna sungguh bisa rasakan navigasi yang lebih mudah dibandingkan mouse dan keyboard saja.

Layar yang bisa disentuh juga dapat mendukung penggunaan yang lebih fleksibel, seperti mencatat langsung di layar, menggambar, ataupun membubuhkan tanda tangan secara praktis. Engsel yang bisa ditekuk hingga 360 derajat juga memungkinkan laptop digunakan pada mode yang bermacam-macam, seperti mode tenda, mode stand, hingga mode tablet.

Jika digunakan pada mode tablet, kami sarankan Anda membeli juga Dell Active Pen PN350M yang kompatibel dengan laptop ini, mendukung sebanyak 1024 titik sentuhan. Sayangnya tidak tersedia kompartmen untuk menaruh stulis tersebut.

Demi keamanan laptop, Dell juga membekali keyboard dengan ketahanan spill-resistant sehingga pengguna tidak perlu takut saat papan ketiknya tertumpahi tetesan air minum. Belum lagi, desainnya yang dirancang begitu compact sungguh mendukung mobilitas tinggi penggunanya, berkat bodinya yang hanya seringan 1,45 kg saja.

3. HP 14 TOUCH Athlon 3050

Kendati bukan laptop konvertibel 2-in-1, layar pada HP 14 Touch ini mendukung touchscreen. Minimal Anda masih tetap bisa melakukan navigasi yang menyerupai smartphone meski laptop ini tidak dapat menggunakan mode tablet.

Ukurannya pun terbilang cukup besar (14 inci) untuk memenuhi kebutuhan pelajar dan mahasiswa. Kini, melihat konten materi perkuliahan tidak perlu mengerenyitkan mata lagi. Sayangnya ia masih menggunakan resolusi HD sehingga ketajamannya tidak begitu optimal.

HP 14 Touch merupakan laptop pelajar yang performa grafisnya cukup bisa diandalkan. Pasalnya, ia hadir dengan VGA terintegrasi berupa AMD Radeon Vega 3 yang mampu mengangkat game ringan seperti Minecraft, Portal 2, Left4Dead 2, dan lain-lainnya dengan sangat lancar. Lumayan lah ya untuk mengisi penat di kala bosan belajar.

Kecanggihan laptop ini juga turut didukung dengan tingkat kecerahan layar yang cukup layak, yakni 220 nit. Meski dilihat di bawah terik matahari, layarnya ini menyuguhkan keterbacaan yang baik. Secara konektivitas dan port, laptop ini juga cukup bagus dengan Bluetooth 5 dan kehadiran USB-C

Laptop Terbagus dapat Anda Order di:

Harga KisaranBeli Sekarang di:
Rp. 5.049.000Shopee
Rp. 5.049.000Tokopedia
Rp. 5.049.000Lazada
Rp. 5.049.000Blibli