by

Strategi Efektif dalam Menggunakan WhatsApp Marketing

-Bisnis-27 views

Ketika anda sudah mengetahui bahwa Whatsapp adalah salah satu aplikasi yang berpotensi untuk mengembangkan bisnis, kini saatnya anda harus tahu strategi yang efektif untuk menggunakannya. Mengapa harus ada strategi? Hal ini tidak lain untuk membuat anda berhasil mencapai tujuan yang diinginkan.

Strategi yang dilakukan apa adanya justru akan membuat anda rugi karena tidak akan mendapatkan hasil yang optimal. Kerugian bisa dari materi atau waktu yang anda gunakan untuk langkah marketing tersebut. Jadi, saat ini anda harus menyusun strategi sebelum menggunakannya.

Strategi Whatsapp Marketing yang Efektif

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam whatsapp marketing, anda harus menyusun beberapa strategi yang diperlukan. Jangan khawatir, kami sudah mengumpulkan beberapa strategi khusus dan sudah terbukti efektif untuk memasarkan usaha anda melalui Whatsapp gateway Indonesia.

1. Gunakan Whatsapp Bisnis

Seperti yang telah disinggung tadi, menggunakan Whatsapp bisnis dapat meningkatkan kepercayaan konsumen dan terlihat lebih professional. Selain itu, ada beberapa fitur yang tidak dimiliki WA versi biasa, diantaranya adalah:

  • Away Message yang berfungsi untuk menjawab pesan yang disetting khusus ketika anda sedang istirahat atau melayani pelanggan lain.
  • Greeting Message untuk menjawab pesan otomatis bagi pelanggan baru yang belum pernah melakukan kontak dengan anda.
  • Quick Replies berfungsi menjawab otomatis pertanyaan yang umum ditanyakan oleh pelanggan.
  • Fitur Katalog memungkinkan anda untuk mengunggah foto produk beserta deskripsinya. Hal ini sangat berguna bagi pelanggan karena dapat melihat langsung informasi didalamnya. Bagi anda, mungkin pertanyaan yang diajukan audience semakin sedikit.
  • Fitur statistik berguna untuk melihat pesan yang anda kirim, sudah terkirim, dibaca atau dibalas oleh penerima.

2. Kumpulkan Kontak Pelanggan Produktif

Tidak semua penerima pesan yang akan tertarik dengan apa yang anda tawarkan. Untuk itu sebelumnya anda harus mengumpulkan kontak yang berpotensi untuk meningkatkan penjualan. Anda bisa mendapatkannya melalui sosial media, website yang anda punya untuk menunjang produk yang dipasarkan atau bisa juga membeli dari beberapa layanan yang menyediakan.

3. Membuat Konten yang Bagus

Konten yang anda gunakan merupakan faktor penting untuk menggerakkan kemauan audience. Pancing mereka dengan kata-kata yang menghipnotis dan mudah dipahami. Usahakan jangan terlalu panjang karena sebagian orang akan merasa jenuh. Gunakan gambar untuk mendukung konten tersebut agar lebih menarik.

4. Manfaatkan Fitur Broadcast

Setelah anda melakukan pengumpulan kontak, dan membuat konten yang menarik, selanjutnya silahkan manfaatkan fitur gratis dari Whatsapp yang bernama broadcast atau siaran. Dengan fitur ini, anda tidak perlu mengirim pesan satu persatu yang tentunya membuat capek. Semua pesan yang anda  kirimkan akan otomatis diterima oleh kontak yang nada masukkan dalam siaran tersebut.

5. Konsisten

Jangan menyerah jika pertama kali pesan broadcast yang anda lakukan tidak ada yang berminat. Lakukan lagi dengan memasarkan produk yang berbeda, harus konsisten jika anda ingin meningkatkan penjualan dengan strategi Whatsapp marketing ini. Namun anda harus ingat, jangan terlalu bar-bar karena mereka akan merasa terganggu. Jika hal itu terjadi, pesan yang anda kirimkan akan selalu diabaikan.

6. Respons Cepat

Katakanlah anda sudah melakukan semua strategi diatas, kemudian ada audience yang tertarik dengan penawaran anda. Langsung respons seketika itu juga jika anda tidak mau kehilangan calon pelanggan. Survey membuktikan bahwa salah satu faktor penting dalam pemasaran adalah adanya respons yang cepat dari produsen.

Sudah siap melakukan strategi diatas? Jika masih dirasa ada yang kurang, anda bisa melakukan improvisasi sendiri dengan mencoba beberapa strategi Whatsapp marketing yang lain.

News Feed