by

Tips Investasi Tanah yang Harus Kalian Ketahui

Jika mendengar kata investasi, pastinya itu identik dengan yang namanya investasi properti seperti apartemen atau rumah. Ada banyak sekali investasi lain yang mungkin saja sama dengan properti namun tetap menjanjikan untuk kalian, yaitu salah satunya adalah investasi tanah.

Investasi tanah sendiri merupakan salah satu jenis dari investasi properti yang saat ini paling banyak digemari oleh orang-orang. Banyak sekali orang yang menyukai investasi ini bukan tanpa adanya alasan, tetapi karena harga tanah dari tahun ke tahun cenderung terus naik. Dan tentunya dengan adanya hal ini bisa membawa keuntungan yang besar bagi kalian para pelaku investasi.

Harga tanah yang setiap tahunnya ini terus tinggi itu terjadi karena faktor kebutuhan yang terus saja meningkat sedangkan jumlah malah semakin terbatas. Apalagi jika lokasi dari tanah yang kalian miliki ini berada di wilayah yang ramai dan juga mudah untuk diakses oleh berbagai kendaraan, kemungkinan harga tanah kalian itu bisa terus melambung dengan tinggi.

Pada artikel kali ini https://sickforprofit.com akan memberikan kalian beberapa tips untuk kalian yang ingin investasi tanah.

Pahami risiko yang Ada

Sangat penting bagi kalian untuk memperhatikan potensi risiko yang mungkin saja bisa terjadi dengan tanah kosong yang nantinya akan kalian jadikan sebagai bagian dari portofolio investasi kalian. Jika tanah kosong tersebut berada di posisi lahan yang cukup miring, mempunyai histori longsor atau banjir, dekat dengan area penggalian, hal ini nantinya bisa menjadi sebuah masalah terhadap kinerja investasi kalian nantinya.

Hal ini sama dengan risiko dari keamanan lingkungan, pertumbuhan ekonomi yang berada di sekitar tanah kosong dan juga kondisi masyarakat. Semau hal itu nantinya akan menjadi sebuah bagian dari risiko investasi yang sejak awal sudah harus kalian pertimbangkan.

Lokasi yang Strategis

Investasi tanah kosong ini untuk sebuah kepentingan agar bisa mengejar profit, maka akan lebih ideal jika kalian memilih sebuah tanah yang kosong dan tentunya harus strategis dan juga prospektif. Kalian juga harus mempertimbangkan prospek apa saja yang ada di sekitar area tanah kosong tersebut, agar nantinya bisa diukur kemungkinan dari perkembangannya. Dengan dilakukannya hal ini mempunyai tujuan agar nantinya nilai investasi tersebut bisa bekerja dengan lebih cepat dan juga bisa memberikan hasil yang cukup maksimal.

Cek Legalitas Tanah

Saat kalian akan membeli properti apa pun itu, termasuk juga untuk investasi tanah kosong atau kavling. Sangat wajib bagi kalian untuk mengetahui terlebih dahulu tentang status tanah tersebut, pastikan juga legalitas tanahnya jelas dengan adanya sertifikat tanah yang sah. Ada beberapa hal tentang standar dari pemeriksaan legalitas tanah. Yaitu, pengecekan ukuran yang harus sesuai dengan fisik dan juga dokumen, bebas dari sengketa, sertifikat tanah yang asli atau yang resmi sesuai dengan nama dari pemiliknya.

Ukur Potensi Imbalan

Hal ini hampir sama saja dengan kalian mengecek risiko, kalian juga akan bisa untuk memprediksi potensi imbalan dari modal yang sudah kalian keluarkan sebelumnya untuk membeli tanah kosong tersebut. Meskipun  nyatanya fluktuasi pasar properti dan juga tanah sangat sulit untuk ditebak, tetapi kalian tetap bisa untuk membandingkannya dengan perkembangan yang terbaru di sekitar area tanah kosong tersebut. Selain itu, kalian juga harus mengecek berapa nilai beli pada area yan berdekatan dan juga berapa nilai jual dari aset yang serupa.