by

Tips Memilih Jenis Tabungan

Tabungan dikenal sebagai sebuah produk keuangan yang paling populer di era sekarang. Bukan hanya digunakan untuk menerima gaji serta menabung, tapi dengan punya tabungan juga kerap dimanfaatkan untuk sebagai tujuan investasi. Agar bisa memperoleh manfaat yang maksimal, maka kamu harus mempertimbangkan beberapa hal. Apabila kamu orangnya cukup jeli, maka menemukan tabungan di bank tanpa biaya admin bukan lagi hal yang mustahil dan sulit.

Namun ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika memilih rekening tabungan di antaranya yaitu jumlah saldo minimal, dengan jumlah setoran awal sampai dengan fasilitas yang ditawarkan. Agar lebih jelasnya, berikut tips memilih rekening tabungan yang baik.

1. Memahami Kebutuhan

Sebelum kamu mulai mencari rekening tabungan yang cocok untuk kamu, ada baiknya pahami kebutuhan kamu terlebih dahulu. Sekarang ini ada banyak jenis tabungan yang telah tersedia. Yakni mulai dari tabungan konvensional, kemudian tabungan berjangka, ada juga tabungan anak bahkan sampai tabungan haji, semua telah hadir dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Namun dengan kita memahami kebutuhan kita sendiri, maka menemukan jenis tabungan yang paling sesuai akan terasa lebih mudah.

2. Lihat Jumlah Setoran Awal

Tak semua jenis rekening mempunyai jumlah setoran awal yang sama. Karena setiap bank juga mempunyai kebijakan mereka masing-masing terkait soal jumlah setoran awal tabungan. Maka jumlah setoran awal yang rendah juga memang lebih memudahkan untuk calon nasabah dalam membuka rekening baru. Akan tetapi untuk yang satu ini, maka kamu dapat menyesuaikannya dengan kapasitas finansial yang kamu punya.

3. Pahami Saldo Minimal

Karena tak semua uang yang ada di dalam tabungan akan dapat kamu ambil atau tarik. Sehingga kamu harus menyisakannya pada jumlah tertentu. Karena semua bank juga mempunyai kebijakan seperti ini. Walaupun begitu, setiap bank juga punya kebijakan yang berbeda terkait jumlah saldo minimal yang tidak boleh diambil harus disisakan.

Untuk hal ini, sebaiknya jika kamu pilih bank yang kebijakan saldo minimalnya paling kecil. Dengan begitu, uang yang harus mengendap serta tidak bisa digunakan juga akan semakin kecil bahkan hilang sama sekali atau artinya bisa diambil semua.

4. Pahami Jaminan Rekening Tabungan

Faktanya semua tabungan serta deposito juga dijamin oleh LPS yaitu Lembaga Penjamin Simpanan. Walau begitu, sebaiknya kamu memastikan hal tersebut sebelum kamu mau membuka rekening tabungan. Dengan adanya jaminan rekening tabungan ini, maka uang yang kamu simpan juga akan lebih aman. Namun bila memang ada kasus di mana saldo kamu akan berkurang tanpa sebab yang jelas, maka kamu dapat meminta pertanggungjawaban ke pihak bank.

5. Pahami Biaya Administrasi Bulanan

Semua bank juga memberikan biaya administrasi untuk jasa yang ditawarkannya. Adanya biaya administrasi ini akan dikenakan setiap bulannya caranya langsung memotong uang tabungan yang telah tersimpan dalam rekening.

Untuk besarnya biaya administrasi bulanan ini setiap bank berbeda-beda tergantung pada jenis tabungan dan bank penyedia jasa penyimpanan yang kamu gunakan. Walau begitu, memang ada beberapa bank yang juga menawarkan free biaya admin yaitu bank HSBC. HSBC merupakan salah satu bank yang menyediakan layanan seperti ini yaitu tanpa adanya biaya admin setiap bulannya. Dengan adanya keuntungan ini yang diberikan oleh bank HSBC maka saldo yang ada di rekening kamu tidak akan dipotong setiap bulannya sebagai biaya admin.

News Feed