Yuk Mengenal Videotron dan Manfaatnya bagi Pebisnis

Bisnis8 views

Di setiap ruas jalanan di setiap kota, iklan videotron pasti bisa ditemukan. Videotron selain menjadi sarana promosi, juga sudah menjadi wajah dari kota Indonesia.

Mungkin, tidak asing lagi kita mendengarkan nama videotron. Ya, sebuah papan reklame digital yang banyak kita temui dipinggir jalan ini adalah salah satu media promosi yang banyak digunakan di kota-kota besar. Seperti misalnya iklan videotron yang bisa kita temukan di banyak titik.

Videotron dikenal sebagai jenis iklan elektronik di sebuah layar raksasa yang berada di titik keramaian kota. Tujuannya tentu untuk promosi produk, branding, membagikan informasi yang dianggap penting, dan sebagainya. Iklan videotron juga menjadi media untuk menjangkau audiens dalam scope yang lebih luas. Dengan adanya jasa vendor led videotron malang yang sangat terjangkau.

Mendadakan Perkembangan Zaman

Tentunya, videotron juga menjadi salah satu bentuk perkembangan zaman. Teknologi yang disematkan di dalamnya adalah teknologi Light Emitting Diode atau LED. Sebenarnya, videotron menjadi salah satu perkembangan dari iklan billboard yang kerap ditemukan di kota besar. Bila iklan billboard menghadirkan gambar yang statis, maka sebagai bentuk perkembangannya, videotron menghadirkan gambar yang dinamis.

Hal itu disebabkan karena gambar dinamis dianggap bisa lebih menarik perhatian penonton. Sebab, dalam keramaian kota, videotron menjadi salah satu daya tarik dengan video yang menarik dan kadang-kadang mampu menghibur setiap yang melihatnya. 

Percaya atau tidak, lebih dari separuh pengendara yang melewati iklan videotron di Jakarta akan melihat iklan tersebut. Dengan demikian, pesan yang ingin disampaikan akan bisa tersampai lebih baik.

Ada sejumlah penelitian yang memperkuat hal tersebut. Pertama, penelitian dari Nielsen yang melakukan survey pada pengendara yang melewati iklan videotron. Hasilnya, ditemukan dua hal positif. Pertama, sebagian besar orang yang melewati iklan tersebut akan melihatnya dengan baik. Hasil kedua, sekitar 55% orang yang melihat iklan tersebut akan mengingat apa saja yang disampaikan lewat video tersebut.

Penelitian berikutnya dari Intel, menyebutkan bahwa iklan yang dinamis akan lebih menarik calon pelanggan baru hingga 5 kali lipat bila dibandingkan dengan iklan yang statis. Itu berarti perbandingan antara iklan videotron dengan billboard bisa sampai 5 kali lipat efektivitasnya.

Media Promosi

Meski demikian, bukan berarti iklan videotron juga tidak punya kelemahan. Pertama, slot untuk videotron tentunya tidak sebanyak slot iklan untuk billboard. Di kota-kota kecil, atau di daerah misalnya. Slot untuk videotron bahkan hanya sekitar 10 titik di satu kota atau kabupaten.

Kedua, untuk membuat iklan videotron beberapa detik saja, biaya yang dikeluarkan bisa sangat besar. Video yang diambil harus benar-benar beresolusi besar dan mengandalkan kemampuan videografer dan editor yang mumpuni. Tentunya, hal itu juga membutuhkan biaya yang besar untuk membayar sewa para ahli dan profesional tersebut.

Untuk sekedar informasi saja, video yang sering diputar di videotron rata-rata hanya 15 detik saja. Mungkin ada yang lebih lama durasinya, namun efektivitasnya justru menurun. Iklan yang terbaik justru hanya 15 detik saja. 

Hal itu berarti, Anda memang akan mendapatkan hasil yang lebih baik dan maksimal dengan iklan videotron namun Anda juga mesti membayar lebih besar. Untuk mendapatkan efektivitas yang maksimal, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan.

Pertama, pastikan posisi dari iklan Anda benar-benar bisa terlihat dan menarik banyak perhatian dari calon pelanggan. Kedua, pastikan Anda mengggunakan jasa iklan videotron terbaik. Sebab, penyedia jasa terbaik akan memberikan posisi terbaik dengan harga terbaik juga.

Tiga, pastikan konten iklan Anda menarik. Jangan terlalu lama durasinya, sebaiknya berada di angka 15 detik saja, namun sudah padat dan berisi. Empat, rekrut orang-orang terbaik dan ahli dibidangnya sebagai pembuat iklan Anda seperti videografer, desainer grafis, dan lain-lain.